Cara Pijat Bayi yang Aman dan Membuat Bayi Nyaman

Kesehatan

Ketika bayi Anda lahir, tentu memberikan perhatian dan perawatan menjadi fokus utama. Bicara perawatan tidak hanya sekadar menyediakan perlengkapan bayi saja tetapi Anda juga perlu melakukan semacam pijat kepada bayi. Namun, jika Anda belum mengetahui bagaimana cara pijat bayi, saatnya sekarang untuk Anda cari tahu lewat ulasan berikut ini. 

  • Pijatan Dimulai dari Bagian Kaki

Setelah memilih minyak terbaik untuk melakukan pijatan, Anda bisa memulai pijatan dari bagian tubuh bayi yang kurang sensitif yaitu kaki. Karena kaki memiliki kulit yang lebih tebal dari bagian lainnya.

Lakukan pijatan pertama dengan lembut dari bagian paha hingga betis bayi Anda.  Kedua, lanjutkan pijatan pada punggung kakinya dengan gerakan memutar. Ketiga, saatnya Anda  beralih ke bagian telapak kaki, gunakan ibu jari Anda sebagai tumpuan saat melakukan pijatan.

Bagian terakhir yang Anda pijat ialah jari. Ambil jari bayi dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Tarik ke sepuluh jari dengan lembut secara bergantian. Perlu Anda ketahui bahwa memijat jari kaki bayi Anda berfungsi untuk membantu pertumbuhan gigi bayi.

  • Lakukan Pijatan yang Lembut di Bagian Lengan Bayi Anda

Lakukan pijatan yang dimulai dari lengan atas hingga pergelangan tangan bayi Anda, dengan gerakan pijatan memutar yang lembut hingga beberapa kali. Hitungan satu kali delapan bisa Anda gunakan sabagai patokan. Setelahnya pijat juga telapak tangan dengan menggunakan ibu jari. Pijatan berakir pada jari tangan dengan cara pijat yang sama pada jari kaki bayi.

  • Pijat Perut Bayi Anda Sekaligus dengan Bagian Dadanya

Pijatan selanjutnya ialah pada bagian perut bayi. Pijatan bisa Anda mulai dari bagian atas ke bagian bawah perut. Dimulai dari arah sebelah kiri perut kemudian ke bagian bawah lalu setelahnya dilanjutkan ke sebalah kanan perut bayi dengan cara yang sama.

Setelah bagian perut, Anda lanjutkan pijatan ke bagian dada bayi. Caranya posisikan ke dua tangan Anda tepat di atas jantung bayi. Kemudian gunakan ujung jari untuk memijat dengan lembut ke arah luar. Bagian terakhir gunakan telapak tangan Anda untuk menekan dengan lembut bagian dada bayi, ulangi gerakan ini 3 sampai 4 kali.

  • Pijat Punggung Bayi dengan Posisi yang Benar

Pertama sekali yang Anda lakukan untuk memijat bagian punggung bayi adalah dengan memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap. Jika bayi belum bisa maka Anda dapat melakukan pijatan dengan menggendong bayi atau memposisikan bayi dengan berbaring pada bagian paha Anda.

Mulailah pijatan dari area tulang belakang leher sampai ke bokong bayi menggunakan ujung jari Anda dengan gerakan maju mundur di seluruh bagiannya. Anda juga bisa melakukan gerakan pijat dengan melingkar menggunakan tangan yang sudah di olesi minyak. Pijatan pada bagian ini akan membantu Anda untuk membuat bayi tertidur dengan nyenyak.

  • Pijat Bagian Muka Bayi dengan Hati-hati

Bagian muka merupakan bagian yang paling sensitif karena ketebalan kulit bagian ini lebih tipis. Jadi Anda harus berhati-hati dalam menyesuaikan kekuatan pijatan, lakukan dengan lembut dan perlahan. Cara memijat bagian muka bayi gunakan ibu jari Anda. Dimulai dari alis dan area kelopak mata lalu turun ke bagian hidung dan sekitarnya.

Pijatan kepada bayi harus tetap Anda lakukan dengan halus dan lembut. Maka Anda perlu menggunakan minyak bayi untuk menerapkan cara pijat bayi yang aman. Minyak Zwitsal merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan. Jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kenyamanan bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *