Cara Praktis Bayar Tagihan Listrik PLN Via Online

Tips

Kecanggihan teknologi menyebabkan semakin banyak aspek yang bisa dilakukan dengan praktis, termasuk pembayaran tagihan listrik PLN. Mengingat pentingnya saluran listrik pada masa modern ini, maka langkah pengecekan tagihan harus dilakukan secara rutin agar tidak terlambat. Karenanya, pengecekan tagihan via online bisa menjadi solusi praktisnya.

  • Pembayaran Melalui Sistem PPOB

Tahukah Anda dengan sistem PPOB? Payment Point Online Banking (PPOB)  merupakan suatu sistem pembayaran secara online dengan melalui lembaga keuangan perbankan yang dilakukan melalui ATM, internet banking, serta SMS banking. Anda bisa membayar tagihan listrik dengan mudah dan cepat melalui sistem ini.

Untuk membayarnya, Anda bisa membeli voucher sendiri untuk model listrik prabayar di loket penyedia jasa PPOB yang sudah bekerja sama dengan PLN. Setelah menemukan loket penyedia layanan PPOB, Anda bisa mendapatkan voucher dan membayar tagihan listrik secara online melalui ATM, SMS Banking, ataupun internet banking.

Setiap cara pembayaran melalui ketiga media tersebut mudah dilakukan. Setiap loket PPOB juga menyediakan sistem pembayaran yang mudah dengan memasukkan identitas rekening yang mudah. Dengan demikian, Anda bisa lebih cepat dalam membayar dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

  • Pembayaran Tagihan Lewat SMS

Cara kedua untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN adalah dengan SMS. Pembayaran via SMS ini termasuk cara yang mudah. Anda bisa memenuhi beberapa langkahnya. Pertama, pilihlah Message di ponsel Anda, kemudian pilih Compose SMS. Selanjutnya, ketik BYR PLN (kode rekening) (12 digit nomor ID pelanggan).

Setelah selesai, kirimkan ke nomor tujuan sesuai dengan bank yang digunakan. Usai pesan tersebut terkirim, konfirmasilah transaksi tersebut dengan mengetik kombinasi PIN yang diminta serta kirimkan kembali ke nomor tujuan yang tadi. Melalui tahap ini, maka langkah konfirmasi berhasil dilakukan.

  • Pembayaran Tagihan Melalui Internet Banking

Cara praktis pembayaran tagihan listrik secara online yang selanjutnya adalah melalui internet banking. Syarat untuk melakukan pembayaran melalui internet banking adalah Anda harus mempunyai rekening tabungan di salah satu bank yang bekerja sama dengan pihak PLN dan mendaftarkan layanan internet banking.

Apabila belum mempunyai akun internet banking, Anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu di kantor bank. Jika sudah mempunyai akun yang aktif, Anda bisa mengikuti prosedur pembayaran yang mudah dipahami melalui akun pribadi Anda tersebut. Secara umum, cara pembayaran dari layanan internet banking dari setiap bank adalah sama.

  • Pembayaran Melalui ATM

Pembayaran atas tagihan listrik bisa dilakukan melalui ATM. Sebelumnya, Anda bisa melakukan pengecekan jumlah tagihan dalam rekening listrik untuk mengetahui nominal tagihan listrik yang harus dibayarkan. Setelah melakukan pemeriksaan, maka Anda bisa langsung membayarnya melalui prosedur yang ada.

Pertama, siapkan kuitansi atau nomor ID pelanggan. pilihlah menu pembayaran dan pilih listrik/PLN. Berikutnya, pilih listrik pasca bayar, kemudian masukkan 12 digit nomor ID pelanggan (IDPEL). Setelah itu, muncullah keseluruhan informasi tentang rekening listrik, baik mengenai nama pelanggan dan jumlah nominal yang harus dibayarkan.

Jika sudah, maka langkah terakhir adalah klik bayar. Setelah selesai, Anda akan memperoleh struk atas pembayaran yang sudah dilakukan untuk buktinya. Dalam setiap transaksi pembayaran via ATM, pada umumnya Anda dikenakan biaya administrasi sebesar Rp3000,00.

Informasi mengenai rekening listrik sangat dibutuhkan guna mengetahui tagihan listrik PLN, sehinga bisa mempersiapkan dana untuk membayarnya. Kini, pengecekan rekening listrik sudah praktis, yaitu bisa secara online. Bahkan, pembayaran tagihan listrik juga bisa dilakukan via online, sehingga lebih mudah dan cepat. Cara-cara di atas bisa diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *