Tips Mudah Merawat Rantai dan Gear Motor Anda Supaya Lebih Tahan Lama

Tips

Motor merupakan alat transportasi yang sudah sangat biasa digunakan oleh setiap orang saat ini, walaupun memang sebagian besar lebih memilih mobil. Dari mulai anak remaja sampai dengan dewasa sudah bisa mengendarai motor baik sudah mempunyai surat ijin ataupun belum. Tetapi tidak semua orang bisa mudah mengenali masalah apa saja yang dapat menimpa motor mereka. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah rantai atau gear motor yang mengalami masalah. Seperti yang diketahui bahwa ini merupakan salah satu komponen yang penting untuk membuat motor Anda tetap berjalan lancar.

Siapa yang ingin mengalami masalah pada motor akibat rantai yang putus, berkarat atau lain sebagiannya? Pastinya tidak ada yang ingin mengalami hal tersebut, makanya dari hal tersebut sangat disarankan penting sekali melakukan perawatan motor secara tepat. Salah satu yang tidak bisa Anda tinggalkan adalah perawatan gear dan rantai pada motor. Untuk melakukan perawatan tersebut tidak selalu harus Anda bawa ke tempat service. Anda bisa melakukan perawatan yang sangat rutin dengan beberapa cara seperti:

  1. Pertama Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian rantai motor yang Anda gunakan, jika sudah mengalami masalah bunyi seperti gesekan besi itu artinya terdapat masalah. Umumnya rantai dapat diatur antara 2 atau 3 cm, jika terlalu kendur akan bermasalah dan begitu pula jika terlalu kencang. Makanya sesuaikan setelan rantai Anda supaya tidak menimbulkan suara yang bising.
  2. Bukan saja bagian dalam mesin yang perlu Anda lumasi menggunakan oli, tetapi juga pada bagian rantai. Tujuan utamanya sudah jelas, supaya rantai dan gear motor Anda tetap dalam kondisi basah dan tidak mudah berkarat. Untuk melakukannya sendiri sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan oli dan mengoleskan pada bagian rantai dengan diputar supaya merata.
  3. Motor yang digunakan setiap harinya tentu tidak terlepas dari debu dan kotoran yang menempel, tidak terkecuali pada bagian rantai. Padahal hal tersebut bisa saja membuat kondisi rantai Anda semakin buruk atau mengalami kerusakan. Makanya supaya Anda tidak merasakan masalah akibat debu yang menempel pada gear atau rantai bisa memasang pelindung. Jenis perlindungan rantai ini sudah dimiliki pada model motor jaman dahulu.
  4. Lalu tidak lupa juga untuk membersihkan pada bagian rantai motor tersebut secara berkala supaya terhindar dari kotoran yang mengendap. Tetapi ketika Anda membersihkan jangan menggunakan bahan oli atau bensin yang membuat rantai kering tetapi gunakan sikat dan air saja. Bersihkan sampai dengan bagian-bagian dalam terhindar dari debu ataupun pasir yang menempel pada.
  5. Langkah terakhir untuk menghindari munculnya masalah pada rantai motor Anda bisa memulai menggunakan produk yang asli. Bukan hanya dari harga murah yang ditawarkan kepada Anda saja tetapi lebih kepada keawetan dan juga kualitas dari bahan tersebut. Secara otomatis gear tidak akan mudah putus atau cepat aus, jadi aman digunakan dalam perjalanan pendek ataupun jauh.

Dipasaran sendiri sudah tersedia banyak sekali jenis gear yang dapat Anda temui dengan berbagai merk serta keunggulan masing-masing. Supaya Anda lebih mudah membeli dan mendapatkan yang terbaik bisa melihat terlebih dahulu melalui toko online yang menyediakan beragam model ataupun tipe dari gear motor Anda. berbelanja online sendiri bukan hanya memudahkan Anda untuk mendapatkan barang dengan segera tetapi juga bisa membuat Anda mendapatkan harga terbaik atau termurah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *