5 Tips Merawat Mesin Cuci agar Awet dan Tahan Lama

Tips

Banyaknya kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan ketika mencuci baju menggunakan mesin cuci seringkali membuat mesin tersebut tidak bisa bertahan lama. Padahal, Anda sudah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membelinya, kan? Nah, kalau sudah rusak, mau tak mau Anda beli yang baru! Untuk menghindari itu, Anda bisa menerapkan tips ini!

  1. Jangan Masukkan Terlalu Banyak Baju Sekaligus

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika menggunakan mesin adalah memasukkan terlalu banyak pakaian sekaligus ke dalam mesin tersebut. Alasannya, biasanya karena Anda buru-buru dan ingin melakukan aktivitas lain. Hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang bila tak ingin berakibat fatal.

Selain kotoran pada baju Anda akan terjebak sehingga tidak terlalu bersih, mesin tersebut juga akan boros air dan cepat rusak. Kalau sudah begini, Anda sendiri yang rusak. Cara mengatasinya cukup mudah. Cucilah cucian yang menumpuk setiap hari agar tak tertimbun banyak. Selain itu, jangan gunakan hingga kapasitas maksimal dari mesin tersebut.

  1. Jangan Gunakan Deterjen Terlalu Banyak

Kesalahan lain yang sering Anda lakukan sehingga mesin untuk mencuci sering rusak adalah menggunakan deterjen kelewat banyak. Walau kelihatannya menggunaka deterjen banyak akan membuat pakaian lebih bersih, tapiĀ  itu bisa berakibat buruk pada mesin Anda. Kemampuan mesin Anda akan menurun dengan cepat dalam membersihkan pakaian.

Sebagai cara mengatasi masalah ini, gunakanlah deterjen sesuai dengan petunjuk pada kemasannya. Takarannya harus tepat. Sebab, selain bisa membuat kinerja mesin cuci Anda menurun, penggunaan deterjen yang kelewat banyak juga bisa merusak kain dan pakaian Anda.

  1. Bersihkan Filter

Agar mesin untuk mencuci Anda awet, sebaiknya sering-seringlah membersihkan filter-nya. Bersihkan setidaknya 2 hari sekali untuk menjaga tabung agar tetap bersih dan pakaian terhindar dari kotoran yang tertampung di dalam filter tersebut. Tak apalah capek sedikit. Asal pakaian Anda tak rusak dan mesin cuci yang digunakan lebih awet, kan?

  1. Jangan Meninggalkan Baju Kotor Terlalu Lama di Dalam Mesin

Memang, ada kalanya Anda akan sangat sibuk dan tak sempat untuk mencuci baju. Hal ini menyebabkan Anda menumpuk pakaian kotor di dalam mesin untuk mencuci dalam waktu lama. Sebaiknya jangan lakukan ini. Bilapun Anda harus menumpuk pakaian kotor, jangan menaruhnya di dalam mesin cuci.

Kenapa? Baju kotor yang Anda tinggalkan di dalam mesin untuk mencuci ini baik yang kering atau dalam keadaan basah akan mengeluarkan bau tidak sedap atau bau apek. Bau ini akan tertinggal di mesin Anda sehingga membuat performa dari mesin tersebut terganggu. Selain itu, baju yang lain juga akan tertular. Harus cuci ulang bila ingin benar-benar bersih!

  1. Jangan Gunakan Setting yang Sama untuk Segala Jenis Pakaian

Kesalahan lain yang kerap dilakukan sehingga mesin untuk mencuci cepat rusak adalah menggunakan setting yang sama untuk segala jenis pakaian. Ingat, setiap jenis pakaian memiliki pengaturan yang berbea-beda dalam mencucinya.

Misalnya, ada yang harus menggunakan setting air panas, setting bilas cepat, temperatur tinggi dan lainnya. Jadi, Anda harus menyesuaikan setting pencucian sesuai jenis baju. Kalau tidak, pakaian Anda akan lebih mudah rusak. Selain itu, kinerja dari mesin untuk mencuci Anda juga tidak akan optimal sehingga mencuci jadi lebih lama.

Dari kebiasaan buruk di atas, mana yang selama ini Anda lakukan pada mesin cuci Anda? Mulai sekarang, tinggalkan bila ingin mesin tersebut awet. Namun, bagaimana bila mesin Anda sudah terlanjur rusak? Tenang, cek Blibli saja. Ada banyak mesin untuk mencuci terbaik yang bisa Anda pilih dengan penawaran harga yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *