Masalah dengan Rambut Putih? Coba Cara Mengatasi Uban Agar tidak Tumbuh Lagi

Kesehatan Tips

Uban diketahui sebuah indikasi yang menggambarkan bahwa tubuh sudah tidak bisa lagi memproduksi melanin atau pigmen warna rambut. Kondisi ini biasanya terjadi pria ataupun wanita pada umur 40 tahun ke atas, tetapi sayangnya pada zaman sekarang sudah banyak sekali anak muda yang mengalami uban atau rambut berubah menjadi warna putih pada umur. Tentu saja ini menjadi persoalan tersendiri.  

Meski tidak menyebabkan kematian, namun uban yang terus-terusan tumbuh akan mengganggu penampilan, khususnya bagi orang yang selalu memperhatikan penampilannya. Makanya banyak sekali orang yang melakukan cara mengatasi uban agar uban tidak tumbuh lagi menggunakan semir. Meskipun terbilang cepat, namun ini tidak bisa jadi patokan bertahan lebih lama. Untuk itu, perlu cara-cara alami agar rambut tetap hitam dengan waktu yang lama dan tentunya kesehatan rambut tetap terjaga.

Sebelum mengetahui cara mengatasi agar uban tidak tumbuh lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, uban biasanya tumbuh karena pola hidup yang kurang sehat.

Pertama, penyebab tumbuhnya uban dikarenakan sering mengalami stress. Situasi pikiran yang tidak karuan akan berdampak buruk terhadap produksi pigmen melanin. Sehingga, otomatis rambut yang awalnya hitam bisa tumbuh uban, bahkan dalam jumlah banyak.

Kedua, karena faktor genetis. Uban juga bisa tumbuh pada seseorang jika memiliki riwayat keluarganya yang memiliki uban. Bahkan, resiko ini besarnya 2 kali lebih besar dibandingkan karena faktor kesehatan. Jadi, sangat wajar sekali bila uban itu muncul.

Ketiga, karena kekurangan vitamin. Orang yang kekurangan vitamin, terutama B12, biasanya selalu mengeluh dengan tumbuhnya uban. Maka dari itu, agar uban tidak tumbuh di saat muda, carilah bahan-bahan yang memiliki kandungan vitamin B12.

Keempat, kebiasaan merokok. Kebiasaan buruk ini bukan hanya menyebabkan penyakit di dalam tubuh, namun rambut juga bisa terkena dampaknya. Bukan karena asap rokok itu sendiri, namun efek kebiasaan merokoklah yang berdampak pada tubuh hingga tubuh sendiri tidak maksimal dalam memproduksi pigmen. Parahnya, kebiasaan merokok memiliki potensi 4 kali lebih besar uban tumbuh saat muda.

Setelah mengetahui penyebab uban tumbuh, maka dianjurkan menghindari faktor-faktor tersebut guna meminimalisir uban tumbuh. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pertama, menggunakan minyak kemiri dan lemon

Kita tahu, minyak kemiri dan lemon sangat baik sekali manfaatnya untuk kesehatan rambut. Untuk itu, agar rambut anda tetap sehat dan hitam, bisa menjadikan bahan ini untuk dijadikan alternatif agar rambut sehat dan hitam secara alami. Caranya:

  • Siapkan kedua bahan ini sesuai kebutuhan
  • Campurkanlah secara merata dengan takaran yang seimbang
  • Balurkan bahan ini ke semua bagian kepala dan pastikan rambut Anda juga dibalur bahan ini
  • Diamkanlah selama 30 menit atau tunggu sampai minyaknya kering
  • Terakhir, bilaslah menggunakan air bersih

Kedua, minyak kelapa dan lemon

Minyak kelapa selain memiliki khasiat untuk kesehatan kulit serta baik untuk kesehatan tubuh, juga bermanfaat sekali untuk kesehatan rambut. Jika masih bingung untuk mendapatkan minyak ini, anda bisa membelinya di toko kecantikan atau di mini market. Jika masih tidak ada, Anda bisa membuatnya secara mandiri dengan menyiapkan beberapa kelapa tua yang sudah diparut. Jika sudah siap, campurkan air parutan kelapa dan diperas. Jika santan kelapa ini sudah siap, kemudian masaklah bahan ini sampai kadar airnya benar-benar habis. Maka, akan terlihat sisa-sisa berupa minyak dan galendo. Dan minyak ini bisa disebut minyak kelapa.

Untuk merawat kesehatan rambut menggunakan minyak kelapa dan lemon, caranya:

  • Siapkan bahan minyak kelapa dan lemon
  • Campurkan kedua bahan ini sampai benar-benar rata
  • Balurkan pada semua bagian rambut dan kepala dengan pijatan lembut
  • Diamkan selama 30 menit atau sampai minyaknya benar-benar meresap dengan tanda sudah kering
  • Bilaslah menggunakan air bersih

Ketiga, menggunakan daun sepatu

Diketahui, tanaman daun sepatu ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat efektif untuk menuntaskan uban. Daun sepatu ini juga mengandung polifenol, serta saponi seperti dalam kandungan teh. Cara menggunakannya:

  • Siapkan daun sepatu yang sudah dibersihkan
  • Tumbuklah daun ini dengan tambahan sedikit air dan simpanlah di dalam botol beberapa waktu dengan tambahan sedikit perasan jeruk nipis
  • Jika sudah siap, oleskan ke seluruh bagian rambut hingga benar-benar merata.
  • Bilas rambut dengan air bersih

Keempat, menggunakan santan

Ternyata santan bukan hanya dijadikan campuran makanan saja yang bisa menambah lebih nikmat, namun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Adapun caranya:

  • Siapkan santan secukupnya saja
  • Tambahkan sedikit garam
  • Diamkan atau embunkan di dalam rumah semalaman.
  • Pada pagi hari anda bisa gunakan dengan cara membalurkan ke semua bagian rambut hingga benar-benar rata.
  • Diamkan sekitar 10 menit dan kemudian cucilah dengan air bersih.

Demikian cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi. Perlu dicatat, cara ini akan terlihat efeknya bila anda melakukan secara rutin, yakni selama 3 kali sehari dalam waktu sekitar 3 bulan. Jika hanya sekali atau dua kali saja, tentu saja uban akan tetap tumbuh. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *